Selamat datang di Blog Balai Penelitian INISNU (PBI) dan Balai Pengabdian pada Masyarakat (PBM) INISNU Jepara

BALAI PENELITIAN INISNU JEPARA

BPI_BPM INISNU

Balai Penelitian INISNU Jepara adalah unsur pelaksana  bidang dalam struktur organisasi di INISNU Jepara dan merupakan pelaksana Tri Dharma perguruan tinggi yang bertugas menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan ilmu, teknologi, dan seni dalam rangka mencapai tujuan institusi. Dalam melaksanakan tugas tersebut, semua gerak langkah dan pengembangan Balai Penelitian selalu berpijak pada visi, misi, dan tradisi INISNU Jepara. Balai Penelitian ini secara garis besar mempunyai fungsi sebagai (1) perencana, koordinator, peman­tau, dan penilai penelitian dan pengembangan kegiatan ilmiah lainnya di INISNU Jepara, (2) pelaksana pene­litian dan pengembangan  yang bersifat interdisipliner, (3) pengelola sumber daya untuk penelitian dan pengembangan di INISNU Jepara, dan (4) pengelola kerja­sama penelitian dan pengembangan  yang dilakukan oleh INISNU Jepara dengan pihak luar.
Eksistensi Balai Penelitian INISNU Jepara diharapkan dapat menjadi jembatan munculnya gairah meneliti di kalangan tenaga kependidikan, sekaligus dapat berfungsi sebagai lahan pelatihan untuk melahirkan karya-karya yang dapat dibanggakan secara ilmiah. Mengingat selama ini banyak ide-ide brilian yang sangat potensial untuk direalisasikan sebagai karya penelitian dan pengembangan yang berkualitas justru berserakan entah kemana, maka Balai Penelitian ini semakin diperhitungkan eksistensinya sebagai lembaga yang dapat mengakomodir semua kepentingan itu. Dengan demikian, kehadiran Balai Penelitian merupakan keniscayaan yang diharapkan mampu memposisikan diri sebagai think tank sekaligus produsen berbagai perangkat keilmuan yang dibutuhkan oleh INISNU Jepara dalam menghadapi tantangan global.
Sebagai bagian integral dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh Balai Penelitian INISNU Jepara dijadikan sebagai cara kerja untuk memecahkan masalah kemasyarakatan secara ilmiah. Selain itu, penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan interdisipliner atau pendekatan multidisipliner. Dengan cara demikian, substansi disiplin atau bidang ilmu akan berkembang, karena pada dasarnya ilmu merupakan deskripsi, eksplanasi, dan prediksi tentang kehidupan dalam arti yang luas, mencakup gejala alamiah, gejala sosial, dan gejala budaya, sebagai “buku besar” yang penuh dengan pertanda dan misteri.
Kegiatan penelitian diprioritaskan untuk bisa mendukung kekuatan bidang program studi masing-masing matakuliah yang diampu oleh dosen. Jumlah judul penelitian dan mutu penelitian yang dilaksanakan oleh para dosen INISNU Jepara mencakup bidang umum dan keahlian. Hal ini nampak pada judul penelitian dan permasalahan yang diangkat dalam penelitian oleh para dosen maupun mahasiswa. Penelitian yang sudah dilakukan oleh dosen yaitu penelitian mandiri, yakni penelitian yang dilakukan oleh dosen secara mandiri dan penelitian kelompok yang dilakkukan oleh para dosen yang tergabung dalam satu kelompok penelitian.
Hasil-hasil penelitian dipublikasikan melalui seminar-seminar tentang hasil penelitian. Publikasi hasil penelitian yang dilakukan dalam forum seminar dimaksudkan untuk melakukan evaluasi akademik hasil penelitian sekaligus analisis terhadap pemanfaatan hasil penelitian. Publikasi hasil seminar juga disebarkan dalam bentuk penerbitan jurnal ilmiah. Penerbitan jurnal ilmiah akademik diprogramkan untuk media publikasi hasil penelitian sekaligus juga publikasi karya ilmiah lain dari kalangan dosen.
Kegiatan penelitian yang telah dilakukan oleh Balai Penelitian INISNU diantaranya adalah pada tahun 2005 melakukan penelitian tentang “Mentalitas Komunitas Muslim dalam Pembangunan (Deskripsi Mentalitas Komunitas Muslim Dalam Melaksanakan Nilai-nilai Ajaran Islam Tentang Etos Kerja Dalam Pembangunan Daerah). Selain itu, untuk pengembangan kemampuan penelitian BPI INISNU menjalin kerjasama dengan Expert penelitian IPB dan UNDIP Semarang, seperti pada tahun 2006, tema sentralnya adalah “Rencana Induk Pengembangan Pertanian Rakyat di Kecamatan Jepara dan Karimunjawa.” Kemudian tahun 2007 dilakukan penelitian tentang “Partisipasi masyarakat dalam Pendidikan Dasar dan Menengah di Kabupaten Jepara”. Data selengkapnya tentang kegiatan penelitian yang telah dilaksanakan oleh Balai Penelitian INISNU Jepara dapat dilihat dalam tabel berikut :
 
NO
JUDUL
TAHUN
KETERANGAN
(Mitra dan Sumber Dana)
1
PROBLEMATIKA DROUP OUT DI JEPARA
(Kajian Tentang Alternatif Pemecahan Masalah Putus Sekolah dan Penuluran Tamatan di Kabupaten Jepara)

2003
Mandiri
2
PROFIL KELOMPOK USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS)KABUPATEN JEPARA
2004
Kerjasama Kantor KB Daerah Jepara dengan Balai Penelitian INISNU Jepara
3


MENTALITAS KOMUNITAS MUSLIM DALAM PEMBANGUNAN (Diskripsi Mentalitas Komunitas Muslim Dalam Melaksanakan Nilai-nilai Ajaran Islam Tentang Ajaran Islam Tentang Etos Kerja Dalam Pembangunan Daerah)
2005
Kerjasama BAPPEDA Jepara dengan Balai Penelitian INISNU Jepara
4
RENCANA INDUK PE NGEMBANGAN PERTANIAN RAKYAT DI KECAMATAN JEPARA DAN KARIMUNJAWA
2006
Kerjasama BAPPEDA Jepara dengan Balai Penelitian INISNU Jepara
5
STUDI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN KABUPATEN JEPARA
2007
Kerjasama BAPPEDA Jepara dengan Balai Penelitian INISNU Jepara
6
EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM DECENTRALIZED BASIC EDUCATION  (DBE) KABUPATEN JEPARA

2008
Kerjasama BAPPEDA Jepara dengan Balai Penelitian INISNU Jepara
7
KEARIFAN LOKAL UMMAT BERAGAMA (Telaah Sosio-Religius Kerukunan Ummat Beragama di Kecamatan Keling Kabupaten Jepara)
2008
Program Penelitian Inovasi Mahasiswa Dinas P&K Prov. Jateng

Salah satu tolok ukur kualitas penelitian adalah sejauh mana produk dan kiprah kegiatan penelitian bermanfat dan dibutuhkan bagi masyarakat. Sejalan dengan pemikiran tersebut, Balai Penelitian ININSU Jepara telah menandatangani nota kesepahaman (MOU) antara INISNU dengan PEMKAB dan BAPPEDA sejak 2000 sampai kini. Selanjutnya, setiap kegiatan penelitian yang dilakukan sebagai manifestasi dari MoU tersebut telah didasarkan pada analisa dan evaluasi terhadap berbagai permasalahan masyarakat, sehingga hasil penelitian akan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan demikian maka kegiatan penelitian yang dilakukan secara kontinu selama ini membuktikan bahwa kiprah lembaga INISNU ini sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi para pengambil keputusan dan masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar